Mengupas Sejarah Juventus Dari Awal Berdiri

Mengupas Sejarah Juventus Dari Awal Berdiri

Sejarah Juventus – Juventus merupakan klub sepakbola yang berasal dari kota Turin, Italia. Kemudian mendapat julukan Bianconeri, Juventus sangat terkenal. Karena telah menjadi klub terbaik di Italia dan telah menjadi kolektor yang meraih dan di beri gelar juara Serie A atau scudetto yang paling banyak.

Juventus telah tergolong menjadi klub paling baik dan besar di Eropa bahkan sampai di dunia. Klub ini sudah menyimpan sejarah panjang dari pertama berdiri sampai saat ini.

Juventus sudah menjadi klub yang berhasil. Hal seperti ini belum banyak sekali diketahui tentang sejarah dari ti juventus pada saat pertama kali terbentuk. Oleh karena itu, dikesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana Terbentuknya tim juventus dari masa keemasan sampai dengan juventus pada saat yang sudah moderd saat ini. Dan juga lengkap dengan update terbarunya.

Jalan Panjang Juventus

Awal berdiri dan Warna Jersey,

Pada Tahun 1897 awal Juventus pertama kali dibentuk, tepatnya pada tanggal 1 November. Pertama kali klub ini bernama Sport-Club Juventus dan oleh siswa dari sekolah di Turin bernama Massimo D’Azeglio Lyceum yang membentuk Juventus tersebut.

2 tahun lalu klub ini berganti nama menjadi Foot-Ball Club Juventus. Di Tahun 1900, Juve telah bergabung dengan kompetisi sepakbola Italia. Pada saat awal terbentuknya juventus, Mereka mengenakan seragam jersey. Yang memiliki warna pink dan juga hitam.

Setelah itupun berganti menjadi warna hitam-putih sampai saat ini, Juventus telah terinspirasi dengan klub Inggris, Notts County.

Juventus memenangkan kompetisi nasional pada Tahun 1905, dan itupun pada pertama kalinya. Pada Saat itu di stadion Juventus pertama kali adalah Velodrome Umberto I. Pada Tahun 1906 sempat terjadi pecahan saat beberapa staff Juve meninggalkan klub kemudian membuat klub baru yang saat ini dikenal sebagai FC Torino.Dalam pertandingan keduanya telah disebut sebagai derby turin, Atau nama lainnya adalah Derby Della Mole.

Pada tahun 1923, Juve diakusisi oleh pemilik FIAT, yang memiliki nama Edoardo Agnelli. Pemilik dari keluarga Agnelli ini masih tetap bertahan sampai saat ini.

Juventus Memiliki Kekuatan Financial

Klub juventus pun juga memiliki kondisi finansial yang terbilang tetap stabil dan juga sudah berkembang. Sampai pada saat ini telah menjadi salah satu klub terbaik yang ada di italia ini.

Klub ini juga sudah menjadi klub profesional yang pertama di Italia dengan jumlah fanbase yang sangat besar di seluruh Italia. Pada sekitar Tahun 30an, Juve telah meraih 5 kali gelar juara Serie A berturut turut serta telah menciptakan beberapa pemain nasional yang telah juga berperan dalam kesuksesan timnas Italia sehingga menjadi juara Piala Dunia 1934 dan 1938.

Para Pelatih Juventus

Giovanni Trapattoni adala asuhan pelatih dan pemain kunci seperti Roberto Bettega dan Gaetano Scirea, di Tahun 70an Juventus kembali mendominasi Liga Italia di Gelar Eropa pertama diraih yakni UEFA Cup di tahun 1977. Kemudian Trapattoni menciptakan kejayaan bersama Juventus di tahun 1980an. Juventus akhirnya sukses meraih gelar Serie A ke-20 dan memiliki hak untuk memakai 2 bintang di logo klub.
Dua Gelar Liga Champions

Klub Juventus sendiri telah sukses dalam meraih Trofi Liga Champions. Yang mana pada saat itu bernama European Cup. Dan pada puncaknya serta untuk pertama kali nya ditahun 1985.

Juventus telah mengalahkan Liverpool di finall yang justru lebih dikenang atas Tragedi Heysel. Terdapat para pemain kunci Juventus di periode awal 80an antara lain adalah Paolo Rossi dan Michel Platini. Rossi telah sukses jadi pemain terbaik Piala Dunia 1982 bahkan Platini meraih trofi Ballon d’Or 3 tahun berturut-turut.

Rekor Jeventus

Juventus bahkan telah memiliki rekor unik, disaat mereka telah merebut semua kemenangan klub di Eropa bahkan menjadi juara di semua kompetisi kontinental baik di Eropa juga di dunia. Juventus sempat terpuruk pada akhir Tahun 80an, pertama karena kebangkitan Napoli lewat Diego Maradona atau AC Milan lewat trio Belanda. Juventus kemudian hijrah pada Tahun 1990 ke stadion baru, Delle Alpi.

Moment kebangkitan Juventus pada Tahun 90an. Pada Tahun 1996 Gelar Liga Champions kedua pun diraih di bawah asuhan pelatih Marcello Lippi, Juventus bahkan sampai lolos ke final Liga Champions 2 musim yang berturut turut pada saat itu, sampai 2 kali pula harus puas jadi runner up. Para pemain kunci Juventus yaitu Gianluca Vialli, Ciro Ferrara, Filippo Inzaghi, Antonio Conte, Zinedine Zidane dan ikon klub Alessandro Del Piero. Del Piero pada Tahun 90an, setelah itu menjadi pemain terbanyak tampil dan paling banyak juga mencetak gol dan menjadi cerita sejarah dalam Juventus.